Kesalahan Berharga US$ 1 Juta Di Museum Jerman

Beginilah jika tak tahu seni. Seorang tukang bersih-bersih di museum seni Ostwall Museum di Dortmund, Jerman, membuat kesalahan fatal gara-gara tak tahu kalau benda yang dibersihkannya adalah suatu karya seni luar biasa.

Museum Ostwall mengadakan pameran seni instalasi yang salah satunya mendatangkan hasil karya seniman Martin Kippenberger. Kippenberger sendiri meninggal pada tahun 1997 dalam usia 43 tahun. Sedangkan hasil karya seninya dikoleksi sejumlah kolektor. Karya seni instalasi yang mau dipinjam museum itu berjudul When It Starts Dripping From the Ceiling.

Kippenberger membuat instalasi berupa kerangka kayu setinggi sekitar dua meter. Di bawahnya ada semacam penadah air terbuat dari plastik yang kusam. Penadah air berbentuk kotak itu sengaja ditaruh di bawahnya. Ia ingin menggambarkan bahwa dengan tetesan air yang terus-menerus jatuh dari atap, lama kelamaan wadah itu jadi kusam. Untuk menggambarkan kekusaman itu Kippenbergr sampai harus melukis sendiri wadah tersebut hingga benar-benar terlihat amat kotor.

Instalasi itu ternyata sudah dimiliki oleh seorang kolektor seni. Karena itu museum harus meminjam darinya untuk keperluan pameran itu. Menurut taksiran, harga instalasi itu sekitar US$ 1 juta atau sekitar Rp 900 juta. Karya seni Kippenberger memang terus meningkat harganya sejak kematiannya tahun 1997. Tahun 2005, misalnya, sebuah karya lukisnya terjual dengan harga lebih dari US$ 1 juta.

Namun seorang perempuan yang bertugas membersihkan museum itu melihat wadah plastik itu dengan mata berbeda. Sebagai tukang bersih-bersih ia melihat tak sepantasnya wadah kotor seperti itu teronggok di pameran penting tersebut. Karena itu ia membersihkan wadah plastik itu hingga terbebas dari kotoran dan tampak seperti wadah baru.

Tentu saja pengelola pameran itu kelabakan melihat wadah air yang sudah bersih. Karena dengan dibersihkannya wadah air itu, hilanglah makna seninya. Sejauh ini belum ada kabar, apakah pemilik instalasi itu akan menuntut museum dan apakah perempuan pembersih museum itu juga akan dituntut membayar ganti rugi dan dipenjara. Begitulah kalau tak tahu seni.

(Yahoo News dan sumber lain)
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by Cerita Langit