Gedung 101 Ternyata Anti Gempa

Siapa sangka gedung 101 di Taipei, Taiwan (yang dikenal dengan gedung tertinggi di dunia, sebelum diungguli gedung pencakar langit Burj Dubai pada 2010), merupakan bangunan antigempa?

Perlu diketahui, Taipei - Taiwan kerap dilanda gempa dan angin topan. Masalah "keamanan gedung" sempat menjadi perdebatan panjang saat 101 akan didirikan tahun 2004.

Maka, sebuah pendulum seberat 800 ton dipasang di lantai 88. Pendulum raksasa dengan garis tengah 5,5 meter ini berfungsi menstabilkan menara gedung terhadap goyangan yang timbul dari gempa bumi, angin topan maupun gaya geser dari angin. Jadi jika gedung tergoyang saat terjadi topan atau gempa, maka pendulum akan menyeimbangkan bangunan sehingga tidak akan roboh.


***

Gedung yang terletak di Distrik Xinyi Taipei ini memiliki ketinggian 509 meter, sedangkan Burj Khalifa di Dubai Uni Emirat Arab mencapai 818 meter. Namun gedung yang memiliki nama resmi Gedung Finansial Internasional Taipei ini tetap memiliki keunikan tersendiri. Bentuk gedung seperti pohon bambu sangat melambangkan Asia Timur.

Disebut gedung 101 karena lantai teratas gedung ini adalah 101. Hal itu dipercaya dengan dasar 100 adalah angka maksimal dan 1 adalah langkah untuk memulai kembali. Dalam banyak aspek, gedung 101 merupakan salah satu pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat sampai saat ini. Gedung ini memiliki keunggulan yaitu fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik.

Tidak hanya itu, dua lift buatan Toshiba yang berharga 20 miliar rupiah ini merupakan lift tercepat di dunia, yaitu berkecepatan 1.008 meter per menit (63 kilometer per jam atau 39 mil per jam); melebihi kecepatan lift di Burj Dubai yang dengan kecepatan 16,7 meter per detik atau 60 kilometer per jam. Setiap detiknya layar di lift menunjukkan lantai dan ketinggian. Sehingga mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke lantai pengamat di lantai 89 hanya dalam waktu 39 detik.

Meski dengan kecepatan tersebut, tidak membuat para pengunjung yang naik lift merasa terkejut sama sekali. Yang ada, pengunjung dibuat takjub dapat melihat keseluruhan kota Taipei dari atas.

***

Secara keseluruhan, luas total gedung ini 450.000 meter persegi, dengan 214.000 meter persegi untuk fasilitas perkantoran, 77.500 meter persegi untuk kebutuhan komersial, sedangkan 73.000 meter persegi lainnya untuk area parkir. Keberadaan gedung ini, boleh dibilang, membuat perekonomian di Taipei terus menggeliat dan menjadikan Taiwan sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia.
←   →

VISIT NOW

1

Visitor

 

Copyright © 2009 by BELIEVER

Designed by Templater