10 Ide Mengubah Hobi Jadi Peluang Usaha

Alangkah indahnya jika kita bisa bekerja di bidang yang kita sukai. Tentunya semua yang kita kerjakan akan menjadi ringan dan tidak akan menjadi beban, karena kita mengerjakannya dengan sepenuh hati. Nah, kenapa tidak kita manfaatkan saja kegemaran dan hobi kita menjadi sebuah peluang usaha? Ya, dari hobi dan kegemaran ini ternyata kita juga bisa mendapatkan uang. Apa saja kira-kira peluang yang bisa didapat dari hobi ini?

Berikut adalah 10 contoh hobi atau kegemaran yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi peluang usaha.

Olahraga. Ada banyak peluang usaha dari kegemaran atau hobi olahraga dan hidup sehat kamu ini. Misalnya kamu bisa mulai melirik untuk menjadi pelatih fitness atau bisa juga melamar menjadi guru olahraga di sekolah atau klub-klub kesehatan.

Fotografi. Setiap orang pasti bisa mengambil foto dengan kamera. Tapi sudah bukan rahasia lagi kalau ada sebagian orang yang dapat mengambil gambar lebih bagus daripada yang lain. Nah kalau kamu termasuk golongan yang kedua ini, mungkin fotografi bisa jadi ladang usaha kamu. Peluang usaha yang bisa kita dapatkan dari bidang fotografi ini, antara lain: foto pre-wedding atau pernikahan, atau membuka studio foto sendiri. Mulailah membuat potfolio, untuk awal tawarkan harga yang tidak terlalu tinggi dan baru mulailah bangun jalan menuju puncak.

Keahlian di bidang pertukangan atau kayu. Beberapa orang tidak bisa tinggal diam melihat limbah kayu dan menyulapnya menjadi barang berguna sperti kursi kecil, meja kopi, atau patung-patung indah. Kamu juga begitu? Nah keahlian ini juga bisa jadi peluang usaha loh, apalagi usaha furniture ini juga menghasilkan omzet yang tinggi.

Musik. Untuk beberapa orang musik lebih dari hanya sekedar hobi, tapi sesutau yang berharga bagi hidup mereka. Dari hobi musik ini kita bisa memberikan les privat menyanyi atau pelajaran musik dari rumah, atau menyewa studio dan bekerja dari sana.

Fashion. Mungkin ini sedikit mengejutkan, tapi ternyata kecintaan akan fashion, serta kegemaran mengikuti trend terbaru dari majalah fashion juga bisa menghasilkan uang. Misalnya, fashion guru bisa menjadi fashion stylist, menjadi penasihat fashion untuk seseorang atau majalah. Pecinta fashion juga bisa menghasilkan uang dengan blog atau menerbitkan buku.

Membuat Kue. Menjadi pengusaha kue mungkin akan mewajibkan kita untuk melakukan renovasi di dapur Anda. Tapi hal itu akan terbayar di akhir. Mulailah dengan melakukan tes rasa melalui saudara dan teman kita kemudian promosikan di sekitar tetangga kita dan kota.

Blogging. Dunia blogging di Indonesia sekarang ini berkembang bukan lagi sebagai ajang “curhat online” semata. Jika kamu termasuk seorang penulis dan Anda menyukai tulisan Anda dibaca khalayak banyak. Anda bisa mulai untuk membuat online blog. Bila blog Anda dikunjungi banyak orang, Anda bisa menghasilkan uang dengan mendaftarkan blog Anda pada adsense google atau Siiti. Bahkan, dari blog kamu juga bisa menerbitkan buku.

Koleksi barang antik. Kamu hobi mengumpulkan barang Antik? Coba deh untuk menjual barang antik yang Anda dapatkan dari toko atau garage sale dengan harga yang lebih mahal di toko khusus barang antik atau secara online. Pengkoleksi barang antik akan rela membeli barang antik incaran mereka dengan harga yang mahal.

Berkebun. Mungkin banyak yang tidak tahu, tapi hobi berkebun ini bisa jadi peluang usaha juga. Misalnya saja tata letak taman di perkantoran atau rumah.

Atur-mengatur. Tidak semua orang bisa mengatur sesuatu dengan apik. Nah kalau kamu suka sekali dengan kegiatan ini, kamu bisa manfaatkan. Mulai dari mengatur keuangan keuangan atau sampai mengatur bisnis.

Bagaimana, siap bekerja sesuai dengan hati kamu? Semoga bermanfaat.
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by Cerita Langit