Aman Bertransaksi di Internet

Internet tak cuma tempat mencari, berkirim dan berbagi informasi serta berkomunikasi. Dewasa ini internet juga telah menjadi tempat alternatif tempat untuk berbelanja, Lebih praktis karena anda tak perlu membuang waktu dan tenaga unuk mengunjungi toko secara fisik.

Informasi dan spesifikasi barang yang akan dibeli dapat disimak secara online bentuknya dapat diamati melalui foto bahkan video. Ada pula situs yang menampilkan citra produk yang dapat diputar-putar dari berbagai sudut sehingga calon pembeli seolah-olah berada di toko sungguhan.

Satu hal yang perlu mendapat perhatian adalah menyangkut pembayaran.seperti contoh jika menggunakan kartu kredit. Berhati-hatilah didunia maya banyak penipu ulung yang berusaha untuk menguras uang anda. caranya dengan mencuri informasi nomor kartu kredit, password atau informasi rahasia/pribadi lainnya.

Modus tindak kriminal ini dikenal sebagai phising (Password harvesting fishing). kegiatan phising dapat dilakukan dengan aktif dan pasif. kegiatan yang dilakukan dengan aktif salah satu contohnya dengan mengirimkan email sebagai umpan / pancingan. tujuannya tentu saja untuk mengetahui informasi rahasia anda.

Phising yang dilakukan dengan pasif adalah dengan memanfaatkan pengunjung website yang salah mengetikkan alamat url sebuah website ke website palsu. Oleh karena itu berhati-hatilah bertransaksi di internet. Sejumlah kiat berikut ini dapat dicoba.

Jangan pernah membalas email yang tidak jelas sumbernya meski tampaknya familiar. Jika pesan yang diterima terlihat penting sekali, sebaiknya anda segera menghubungi dan mengklarifikasi pesan yang diterima.

Perhatikan nama instituso sumber email dan link yang diperintahkan untuk meng-klik. apakah linknya mengandung atau mengarah ke institusi tersebut ?. pastikan website tersebut legal menggunakan koneksi yang aman dan memiliki sertifikat keamann dari lembaga yang kredibel
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater