Bola Korban Tsunami Dikembalikan ke Jepang

Sebaiknya beri nama yang jelas jika memiliki benda berharga bahkan jika itu sebuah bola sepak. Misaki Murakami, 16 tahun, contohnya. Bola yang hanyut terbawa tsunami setahun lalu tiba-tiba dikabarkan ditemukan di Alaska.

Murakami, mendapatkan bola itu dari teman-teman sekelasnya ketika ia pindah sekolah tahun 2005. Teman-temannya memberikannya dengan menuliskan nama Murakami dan sejumlah pesan menggunakan spidol tertera di permukaan bola. Namun kala tsunami menerjang Jepang 11 Maret 2011 lalu, pemuda itu kehilangan segalanya, termasuk bolanya.

Setahun kemudian, seorang teknisi radar yang sedang menyusuri pantai di pulau Middleton, Alaska, bernama David Baxter, menemukan bola itu. Di teluk di sepanjang garis pantai pulau tersebut memang banyak sampah yang diperkirakan sampah tsunami kiriman dari Jepang. David tertarik pada sebuah bola yang ia yakini berasal dari Jepang. Apalagi ada tulisan tangan dalam huruf kanji Jepang.

Kebetulan ia beristri orang Jepang, Yumi. Saat Yumi membacanya, ia menemukan nama Misaki Murakami. Pasangan ini tertarik untuk menelusuri siapa gerangan Misaki Murakami. Dan setelah ditelusuri sejak sebulan lalu, akhirnya mereka menemukan alamat Murakami melalui bantuan reporter di Jepang. Mereka kemudian menghubungi si pemilik bola via telepon. Pasangan ini berjanji akan segera mengirimkan bola itu. "Saya tak menduga bola itu sampai Alaska. Saya senang sekali bisa mendapatkan bola itu lagi," kata Murakami.

Pasangan Baxter-Yumi juga menemukan bola voli yang tertera atas nama Shiori Sato, 19, dari Iwate. Shiori yang tahu bolanya ditemukan di Alaska mengaku terkejut. "Saya akan mengatakan ‘Selamat datang kembali' pada bola itu," katanya, seperti dikutip NHK.

Warga Alaska memang sedang menghadapi sampah-sampah tsunami Jepang yang terbawa arus sepanjang 5000-an km. Selain bola, beberapa hari lalu ditemukan juga sebuah kapal hantu (tanpa penumpang) di Alaska. Masih banyak sampah-sampah lain di Alaska yang mungkin di dalamnya tersisa banyak harta berharga baik secara materi maupun memori.
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater