Efek Negatif Kekurangan Lemak

Sebagian orang merasa, bentuk tubuh yang kurus lebih baik. Karena itu seringkali utamanya para wanita mengalami gangguan makan seperti anorexia nervosa atau bulimia. Padahal dengan menguruskan tubuh serta membuang lemak yang berlebihan juga memiliki dampak yang kurang baik.

Karena itu lebih baik melakukan diet yang benar dengan patokan berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi badan masing-masing. Karena berikut ini akan dijelaskan beberapa resiko kekurangan lemak jika Anda sangat menginginkan tubuh kurus dan berusaha menyingkirkan lemak yang berlebihan,

Lemahnya penyerapan vitamin
Terlalu banyak menguras lemak dalam tubuh dan mengkonsumsi makanan randah lemak akan menyebabkan vitamin yang berharga seperti A, D, E, dan K terganggu penyerapannya. Senada dengan yang dilansir dalam womansda.com, bahwa tubuh juga membutuhkan lemak untuk menyerap vitamin tersebut.

Vitamin diatas tersiman di dalam organ hati dan jaringan lemak. Apalagi vitamin tersebut sangat dibutuhkan khususnya pada usia pertumbuhan. Anda dapat membayangkan apa yang terjadi saat masa penting tersebut namun tubuh tak punya lemak yang dapat menyerap vitamin.

Makan berlebihan
Seperti efek balas dendam. Beberapa orang yang memutuskan untuk diet, pada suatu waktu tertentu di batas kesabarannya, mereka memutuskan untuk menyerah dan makan lebih nayak daripada sebelum diet karena lemak yang kurang akan lebh cepat memicu rasa lapar. Selain itu konsumsi produk rendah lemak justru terdapat gula tambahan yang efeknya sama saja bagaikan melempar bumerang. Konsumsi produk tersebut sama saja dengan Anda mengkonsumsi lemak secara berlebihan.

Depresi
Selain mengancam kesehatan fisik, ternyata kekurangan lemak secara berlebihan juga menyebabkan gangguan mental. Asam lemak dan omega 3 berperan dalam proses perilaku dan kondisi perasaan. Asam lemak dan omega 3 ini adalah pembentuk hormon dan senyawa kimia dalam otak. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa rendahnya asupan lemak terkait dengan gangguan mental seperti depresi, gangguan bipolar, skizofrenia, gangguan makan dan ADHD.

Sebenarnya citra tubuh indah yang melekat pada bentuk tubuh yang kurus hanyalah sebuat trend dan bukanlah kebutuhan yang sangat penting untuk dipenuhi. Hidup sehat tak harus memiliki badan yang kurus. Tetap menjaga penampilan dan kesehatan dengan berolahraga serta konsumsi makanan yang mengandung asupan gizi yang baik merupakan sarana bagi Anda untuk menikmati hidup yang lebih baik pula.

(sari)
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater