Ekstrimis Sudan Siap Perangi Umat Kristen

Konflik diantara Sudan Utara dan Selatan ternyata berakibat buruk bagi kehidupan komunitas umat Kristen di kota Khartoum dan beberapa area lain di Sudan Selatan. Dilaporkan bahwa umat Kristen dalam keadaan mencekam karena kelompok ekstrimis berdemonstrasi dan menghasut warga untuk menyerang gereja.

Laporan dari sumber terpercaya disana menyebutkan bahwa sekelompok preman bayaran mulai melakukan intimidasi dengan usaha menyerang sebuah gereja Anglikan. Beruntung hingga kini belum ada kekerasan fisik seperti seruan dan hasutan yang intinya mengancam eksistensi kehidupan umat Kristen disana.

Media setempat Sudan Tribune juga melaporkan bahwa kelompok ekstrimis yang mencoba menyerang gereja Anglikan di Sawafi digagalkan oleh pemblokiran pasukan keamanan, sebelum para ekstrimis itu mencapai rumah ibadah. “Saat ini situasi sedikit tenang, namun ribuan warga di Sudan Selatan masih mengharapkan perlindungan dan mencari tempat yang aman untuk tetap bisa bertahan di daerah Khartoum.”

Ketegangan terus memuncak di kota Heglig, tempat dimana kekayaan minyak itu diperebutkan oleh Sudan Utara dan Sudan Selatan. Setelah pertempuran saudara yang sengit dari 10 April lalu, pemerintah Sudan Utara mengklaim telah menewaskan 1.200 pasukan militer Sudan Selatan. Hingga kini pemboman dari udara oleh pesawat militer Sudan Utara di Selatan belum juga berhenti.

(speroforum)
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater