Film Modus Anomali Raih Prestasi Internasional

Joko Anwar kembali dengan film terbaru Modus Anomali. Meski baru akan tayang pada 26 April 2012 di Indonesia, namun film ini sudah meraih banyak penghargaan di luar negeri.

Modus Anomali yang dibintangi Rio Dewanto, Marsha Timothy, Surya Saputra dan banyak lainnya tersebut bukan sekadar film biasa.

Sutradara Joko Anwar menyatakan, "Ini memang film keempat saya setelah Janji Joni, Kala, dan Pintu Terlarang. Tapi film ini merupakan pet project yang telah lama ada dalan pikiran saya."

Ia juga menambahkan, "Dalam Modus Anomali pemainbukan hanya aktor tapi juga kamera. Pergerakan kamera dibuat sedemikian rupa sehingga penonton akan merasa berada dalam suasana mencekam bersama dengan si karakter utama."

Selain itu Joko juga menyatakan bahwa desain suara yang diciptakan sangatlah spesial karena benar-benar direkam secara asli.

"Dalam film ini suara-suara menakutkan tercipta dari hasil merekam secara langsung, seperti suara pintu, jejak kaki, binatang-binatang hutan, dan lainnya," ucap Joko.

Suara-suara ini diciptakan oleh para penata suara yang juga sering menjadi rekan kerja Joko di film seperti Aghi Narottama, Bemby Gusti, dan Mondo Gascaro.

Ditemui saat konferensi pers di Grand Indonesia, Jakarta Pusat Selasa (17/4) produser Sheila Timothy menyatakan bahwa penggarapan film ini menghabiskan dana sekitar Rp4 miliar.

Ia juga menyatakan bahwa proses pembuatan film ini merupakan suatu tantangan buat tim produksi film tersebut.
"Proses produksi yang hanya selama 10 hari, outdoor, di area hutan pinus dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah, merupakan suatu tantangan terberat untuk kru dan para pemain. Untuk mencapai waktu produksi ini, kita melakukan pra-produksi secara intens selama enam bulan, mulai dari koreografi kamera sampai latihan pyro effect kami lakukan berkali-kali sebelum produksi," jelas Sheila Timothy.

Sebelum diputar di Indonesia film Modus Anomali telah meraih penghargaan di Bucheon Award dalam ajang Network of Asian Fantastic Films (NAFF) lewat skenarionya.

Ajang tersebut merupakan bagian dari Puchon International Fantastic Film di Korea Selatan. Modus Anomali berhasil menyisihkan 23 proyek film nominator lain yang merupakan hasil seleksi sekitar 100 proyek dari mancanegara termasuk dari Amerika Serikat, Jepang, Hong Kong, Malaysia, dan Afrika Selatan.

Kabarnya saat ini Lifelike Pictures akan bekerjasama dengan sales agent XYZ Films sedang melakukan beberapa negosiasi dengan distributor di Amerika Serikat untuk mendistribusikan Modus Anomali di kawasan tersebut.

Nantinya Modus Anomali juga akan ikut dalam beberapa festival film besar di dunia, salah satu yang dikonfirmasikan bahwa Modus Anomali akan ikut dalam Busan International Film Festival, Oktober 2012.

Semoga perfilman di Indonesia semakin dilirik dunia internasional.

Berikut trailernya :


(Yangmuda)
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater