Inilah 3 Game Klasik Sepanjang Masa

Ketiga game ini disebut klasik karena sudah terbukti sanggup menemani pencinta video game selama lebih dari 30 tahun. Karena saking lamanya, semua pencinta video game dari segala usia pasti tahu dan kenal dengan game-game ini. Keunggulannya terletak pada kesederhanaan dan kemudahan dalam memainkannya. Apa saja ketiga game klasik itu?

1. Super Mario Bros

Game ini berkisah tentang Mario dan Luigi bersaudara yang berprofesi sebagai tukang ledeng. Mereka pertama kali muncul pada 1983 dalam permainan Arcade Nintendo. Tapi, sekuelnya baru keluar dua tahun kemudian melalui Super Mario Bros. Sebagai maskot Nintendo, Mario adalah salah satu karakter paling terkenal dalam sejarah video game. Mario bahkan menjadi sinonim dengan video game itu sendiri.

IGN, website yang khusus membahas game, mendudukkan Super Mario Bros di posisi puncak 100 game terbaik sepanjang masa. Game ini juga menyabet gelar Guinness Book of Record sebagai game platform dua dimensi terlaris sepanjang masa dengan penjualan lebih dari 40,24 juta kopi.

2. Tetris

Tetris adalah permainan teka-teki bangunan yang didesain oleh Alexey Pajitnov pada pertengahan tahun 1985. Saat itu, ia masih bekerja di Pusat Komputer Dorodnicyn di Akademi Sains Uni Soviet di Moskow. Nama tetris itu sendiri diambil dari bahasa numerik Yunani, yaitu "tetra" yang berarti empat.

IGN menempatkannya di posisi ketiga sebagai game yang sangat sederhana tapi mampu membuat pemainnya kecanduan. Penelitian dari Universitas Oxford bahkan menunjukkan bahwa bermain Tetris dapat mengurangi trauma.

3. Pacman

Pada dekade 1980-an, publik dilanda demam Pacman. Pacman adalah sosok bulatan kuning mirip pizza dengan mulut "megap-megap" yang mencoba melarikan diri dari kejaran empat "hantu" warna-warni: Blinky, Pinky, Inky, dan Clyde. Awalnya, game ini bernama PuckMan. Penciptanya adalah Toru Iwatani, seorang desainer game Namco.

Identitas itu berubah ketika dipublikasikan Midway di Amerika Serikat. Tujuannya, untuk menghindari kemungkinan vandalisme yang dapat mengubah kata "Puckman" menjadi makian. Sejak perubahan nama itu, Pacman mulai populer. Karakter bulatan kuning ini tampil di berbagai produk makanan, pakaian, sampai dibuatkan buku triknya, yaitu Mastering PACMAN. Buku ini sempat masuk daftar penjualan terbaik New York Times.
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater