Life in a Day - Film Dokumenter Luar Biasa

Apa jadinya jika cuplikan kehidupan 80.000 orang dari 190 lebih negara yang terekam video amatir pada satu hari di planet Bumi digarap menjadi sebuah film oleh pembuat film berbakat dan sutradara pemenang Oscar (untuk film One Day in September), Kevin Macdonald? Hasilnya luar biasa!! Paling tidak, itulah pendapat beberapa orang pakar dan review film mengenai film Life in a Day ini.

Life in a Day sendiri, awalnya merupakan sebuah proyek pengumpulan video amatir dari seluruh dunia yang diunggah (di-upload) pada 24 Juli 2010--tepat 1 tahun yang lalu. Jauh-jauh hari, YouTube telah meminta penggunanya untuk bersiap memfilmkan aktivitas satu hari mereka, pada hari yang telah ditentukan tersebut. Hasilnya, mereka menerima sekitar 80.000 video, yang totalnya berdurasi lebih dari 4500 jam.

Nah, di tangan dingin Kevin McDonald dan asistennya Joe Walker, kumpulan video amatir tadi "disulap" menjadi sebuah film berdurasi 90 menit dengan narasi yang terstruktur, yang mengajak kita melihat langsung pada kehidupan sehari-hari di berbagai belahan bumi.

Setting awalnya adalah malam hari . Kemudian film trus bergerak seiring berjalannya waktu di bumi--melompat dari satu negara ke negara lain, menceritakan bagaimana dunia kembali beraktivitas semenjak munculnya sinar mentari.

Dalam film ini akan dengan jelas terlihat aspek-aspek kehidupan manusia seperti cinta, ketakutan, tawa, dan derai air mata; berbagai aktivitas manusia mulai dari orang-orang yang bercakap-cakap, sedang makan, menggosok gigi, dan sebagainya. Ada juga saat-saat yang menyentuh hati seperti seorang bapak yang pingsan di saat kelahiran anaknya, ibu yang mengidap kanker dan berusaha menenangkan anaknya yang khawatir, dan seorang wanita muda yang takut akan masa depannya. Tampak pula kekejaman yang di rumah potong hewan. Tak ketinggalan detik-detik penting kehidupan manusia seperti pernikahan dan kematian. Semuanya ditata dengan rapi sedemikian rupa sehingga menjadi tontongan yang memukau dan meninggalkan kesan mendalam.

Kalangan (profesional dan pengamat) film telah menikmati film unik ini secara resmi pada ajang festival film bergengsi Sundance (Januari 2011). Anda sendiri, sudahkah menyaksikannya?

←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater