New iPad Bisa Dipakai untuk Memasak

New iPad ternyata cepat panas. Menurut Consumer Reports, suhu komputer tablet besutan Apple yang terjual 3 juta unit pada pekan pertama sejak diluncurkan ini bisa mencapai 46,6 derajat Celsius. Wow!

Saking panasnya kini muncul video olok-olok di berbagai situs teknologi yang memperlihatkan bahwa New iPad bisa dipakai untuk memasak telur. Sindiran ini untuk menunjukkan bahwa ada masalah di New iPad.

Tak hanya soal panas berlebihan yang dipermasalahkan oleh mereka yang sudah mendapatkan New iPad ini. Dimensinya yang lebih tebal ketimbang iPad 2 pun banyak dikeluhkan. Lantas, apa jawaban Apple soal ini?

Apple berkilah jika panas berlebih itu dikatakan sebagai kelemahan pada tablet terbaru mereka. Melalui juru bicara Trudy Muller, perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu menyatakan New iPad sudah dilengkapi filter pengendali panas.

Temperatur tinggi yang timbul pada iPad 3 ini berasal dari kerja ekstra yang dibutuhkan untuk memaksimalkan tenaga prosesor dual-core AX5, yang terintegrasi dengan cip grafis quad-core.

Apakah ini berarti Apple akan membiarkan New iPad tetap seperti sekarang? Membiarkan orang kepanasan saat memakainya setelah satu jam? Memang, ini bukan pertama kali produk Apple diketahui cacat.

Sebelumnya ada kasus peranti lunak yang dianggap mencuri data dan melacak keberadaan pengguna, baterai iPhone yang cepat habis, sampai kontroversi "antennagate" di iPhone 4. Toh, meski begitu, produk Apple tetap laris manis.

Panas Berlebih

Dalam tes yang dilakukan Consumer Reports menunjukkan suhu New iPad di atas kewajaran. Terlebih ketika iPad generasi ketiga ini dipakai untuk bermain game Infinity Blade, yang membutuhkan kinerja dan tampilan grafis intensif.

Dengan menggunakan termometer Raytek Raynger ST-Handheld Infrared, situs teknologi PC World juga melakukan tes temperatur pada New iPad dan membandingkannya dengan tablet lain.

Hasilnya, setelah bermain game balapan Riptide GP selama satu jam sembari terus terhubung ke jaringan Wi-Fi, suhu maksimum mencapai 37,7 derajat Celsius. Suhu ini lebih tinggi 2,2 derajat Celsius ketimbang iPad 2.

Perlakuan yang sama diujicobakan pada tablet ASUS Transformer Prime dan Samsung Galaxy Tab 10.1 4G LTE. Hasil yang didapat masing-masing tablet itu memiliki panas tubuh 35 dan 36,6 derajat Celsius.

Kebutuhan akan kecepatan kinerja dan pasokan energi yang besar diperlukan agar tampilan gambar lebih baik. Kendati memiliki rentang layar yang sama dengan iPad 2, kerapatan piksel atau resolusi New iPad dua kali lebih tinggi.

Itu sebabnya baterai New iPad memiliki kapasitas paling besar. Jika pasokan daya pada ASUS Transformer Prime dan Samsung Galaxy Tab 10.1 hanya 6,930 dan 7,000 mAh, New iPad memiliki kapasitas baterai 11,666 mAh.

Tak mengherankan jika tubuh tablet generasi ketiga Apple ini lebih tebal ketimbang pendahulunya.

Aplikasi Tambah Besar

Keluhan lain adalah besarnya ukuran aplikasi. Contohnya, Infinity Blade 2 yang sebelumnya berkapasitas 318 MB membengkak menjadi 791 MB. Ini dampak dari resolusi tinggi untuk Retina Display yang butuh penyimpanan lebih.

Sementara itu, para developer tak boleh membuat aplikasi yang sama dengan ukuran berbeda untuk jenis iPad tertentu. Jadi, jika Anda memperbarui aplikasi di iPad atau iPad 2 dan ternyata aplikasi itu ditujukan bagi New iPad, bersiaplah untuk menambah memori melalui iCloud.

James Martin, blogger CIO.com, pernah mengalaminya. “Gara-gara Retina Display, memori di iPad 2 saya tersisa satu gigabita hanya untuk memperbarui tujuh aplikasi," katanya.

Meski begitu, Martin mengaku tetap saja tak dapat menikmati peningkatan grafis yang ditawarkan. Sebab, untuk saat ini hanya New iPad yang dilengkapi teknologi Retina Display.

(tempo)
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater