Nutrisi Bagi Anda Yang Sedang Sakit

Pada saat pergantian musim antara panas ke penghujan atau sebaliknya, sebagian besar orang rentan terserang penyakit. Jika makanan bergizi, olahraga dan istirahat yang cukup tak terpenuhi secara maksimal, pilihan terakhir adalah jatuh sakit.

Seberat apapun cara yang ditempuh, manusia tak mungkin bisa menghindar dari masalah yang satu ini. Selain obat dan makanan yang mengandung nutrisi yang tepat, ada baiknya Anda mengetahui tambahan makanan atau camilan yang tepat pada saat Anda sakit. Hal ini dapat mencegah Anda mengkonsumsi makanan yang salah sehingga dapat memperparah kondisi tubuh Anda.

Jeruk
Si kulit bundar dan berwarna orange ini merupakan buah yang disukai oleh hampir semua orang. Jadi tak sulit untuk memakannya baik itu dalam kondisi sakit maupun kondisi prima. Beberapa penelitian mungkin bernada kontroversi seputar kaitan vitamin C dengan influenxa. Namun, faktanya adalah vitamin C dapat mengurangi durasi dan tingkat keparahan pilek.

Kandungan vitamin C dalam jeruk baik untuk pemulihan tubuh di saat sakit. Setidaknya dianjurkan mengkonsumsi 2 buah jeruk setiap hari. Konsumsi jeruk yang baik dapat berupa langsung utuh buahnya maupun pengolahan ke dalam jus (dengan jus alami lebih dianjurkan daripada jus kemasan).

Sup ayam
Sup ayam merupakan resepe turun temurun, ini artinya orang telah mempercayai khasiat sup ini sejak dulu. Sedangkan faktanya memang efektif bahwa hangatnya kaldu yang menenangkan sekaligus mengontrol produksi dan penyebaran peradangan dan melancarkan neurofil. Hal tersebut merupakan hasil penelitian Nebraska Medical Center di Omaha.

Jadi daripada mengkonsumsi makanan lain, semangkuk kecil sup ayam dengan kalori 190 lebih dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari selama proses penyembuhan.

Tuna
Tuna mengandung asam amino dan glutamine yang cocok menjaga dan meningkatkan sistim kekbalan tubuh. Penelitian universitas Oxford menunjukkan fakta bahwa atlet yang menelan glutamine setelah latihan, memiliki resiko lebih rendah untuk mengalami infesi saluran pernafasan atas. Jika Anda kurang suka Tuna yang dimasak langsung seperti olahan biasanya, maka cobalah mengolahnya menjadi sandwich dengan campuransaus buah tomat merah dan saus cabai buatan sendiri yang juga banyak mengandung vitamin C yang tentu saja juga baik untuk pemulihan tubuh Anda.

Teh jahe
Teh yang kaya antioksidan baik untuk kesehatan, apalagi jika dipadukan jahe yang bagus untuk pencernaan. Kedua kombinasi ini merupakan ramuan tepat untuk dinikmati saat sakit terlebh saat flu melanda. Jahe juga mampu menghangatkan tubuh serta meringankan sesak nafas.

Makanan atau minuman tersebut mudah dijumai dan diolah sendiri. Jadi saat sakit datang, tak perlu sedih dengan beberapa panca indera yang terganggu. Konsumsi makanan datas dapat membantu Anda memulihkan stamina sekaligus sebagai makanan yang tepat disantap saat sakit.

Selain itu, makanan tersebut cocok juga Anda bawa saat orang terdekat yang Anda kasihi sedang terbaring lemah karena sakit.

(Berbagai sumber)
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater