Pria Ini Mengedit Wikipedia 1 Juta Kali

Justin Knapp telah menjadi sosok berjasa untuk perkembangan Wikipedia. Laman ini mencatat Knapp sebagai relawan penulis pertama mereka. Kini, Knapp telah memberikan kontribusi hingga 1 juta perubahan artikel pada Jumat lalu.

Pria yang pernah kuliah ini menghabiskan 10 jam sehari untuk membaca dan mengedit tulisan pada artikel yang ada di Wikipedia. Itulah kegiatan tetapnya semenjak Knapp kehilangan pekerjaan sebagai pengantar pizza.

Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, kini bahkan mendeklarasikan 20 April sebagai Hari Justin Knapp. "Wikipedians pada masa mendatang akan mengagumi orang yang pertama menyunting 1 juta kali," ujar Wales seperti dikutip dari laman Mashable.com.

Knapp kali pertama menggunakan Wikipedia untuk riset pada awal 2000-an. Tidak lama, Knapp mempertimbangkan untuk mulai mengedit artikel. Pada 2005, dia login untuk melacak dan mengkompilasi hasil suntingannya. Setiap hari pria yang belajar filosofi dan ilmu politik di Universitas Indiana- Universitas Purdue Indianapolis, Amerika Serikat ini rata-rata mengedit 385 kali.

Wikipedia memperkirakan 90 ribu penyunting mereka yang kini bekerja tanpa dibayar akan mengalami penurunan jumlah. Pada 2007, Wikipedia masih memiliki sekitar 100 penulis aktif.

"Meningkatkan jumlah penyunting yang aktif menjadi tujuan utama Yayasan Wikipedia tahun ini dan beberapa tahun mendatang menjadi bagian dari rencana strategis kami," ujar juru bicara Wikipedia, Matthew Roth. Penambahan jumlah ini ditujukan untuk memelihara kesehatan proyek jangka panjang.

Knapp menambahkan, "Apabila ada orang lain yang menghargai pentingnya berbagi pengetahuan secara gratis, selalu ada cara melakukannya di Wikipedia."

Adalah agenda politik yang mendaratkan Knapp menjadi kontributor Wikipedia. Knapp mulai tertarik menyunting Wikipedia karena dia melihat tidak ada pembahasan yang cukup mendalam mengenai Sahara Barat.

"Saya tidak tertarik menyeimbangkan perspektif. Saya tertarik pada pembelaan politik. Saya menyadari Wikipedia bukan wadah pembelaan politik dan bukan alat yang dapat saya permainkan," ungkap Knapp.

Dari ide awal ini, Knapp lalu meningkatkan perannya. Dia mulai merancang informasi yang logis untuk laman. Knapp berusaha memeriksa susunan kalimat dan terganggu dengan kesalahan tanda baca. "Saya menemukan kenikmatan dan penghargaan dari Wikipedia. Ini hobi saya. Saya menyukainya," ujar Knapp.

Pria penggemar band R.E.M. ini kesulitan mendapatkan pekerjaan sesuai bidangnya, filosofi. Setelah menjalankan berbagai pekerjaan yang aneh, Knapp hendak mengambil sekolah perawat.
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater