Rekor Jembatan Baru dari China

Di manakah jembatan gantung terpanjang di dunia? Ternyata di China yang baru diresmikan 23 April 2012 kemarin. Jembatan ini bukan sekadar jembatan gantung yang hanya bisa dilewati manusia. Jembatan gantung itu justru merupakan sarana transportasi mobil yang vital.

Jembatan yang bernama Aizhai Bridge ini terletak di provinsi Hunan, China, dengan panjang 1.176 meter dan berada di ketinggian 336 dari dasar ngarai. Sudah tentu jika melihat dari atas jembatan ke bawah bagi mereka yang takut ketinggian akan merasa ngeri. Dengan fakta seperti itu, Aizhai Bridge sekarang memecahkan rekor dunia sebagai jembatan gantung terpanjang dan tertinggi di dunia.

Jembatan ini dibangun selama lima tahun dan selesai akhir tahun lalu. Lokasinya yang berada di antara dua ngarai yang tinggi dan menghubungkan nyaris dari puncak gunung ke puncak gunung lainnya, Aizhai Bridge tampak begitu indah dari kejauhan. Bagi penggunanya saat mengendarai mobil melintasi jembatan itu juga akan terasa semakin indah karena di setiap ujungnya jembatan tersebut langsung masuk ke terowongan. Sehingga saat menjelang melewati jembatan itu pengguna harus melalui terowongan panjang dan begitu terowongan terlewati mereka sudah berada di atas jembatan yang menggantung bak di atas awan.

Selesai melintasi jembatan lebih dari 1 km itu pengendara akan kembali masuk terowongan di sisi lain. Inilah yang membuat Aizhai Bridge juga memegang rekor sebagai "The world's highest and longest tunnel-to-tunnel suspension bridge".
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater