Sebuah Penipuan Mengenai Makam Yesus

Simcha Jocobovici
Seputar penemuan Kubur Yesus di Yerusalem terus menuai kontroversi ketika para ulama dan arkeolog berdebat mengenai ukiran 2.000 tahun "Paus Yunus" yang beberapa orang mengatakan bahwa hal itu seperti kebangkitan Yesus Kristus. Sarjana lain menyarankan, bagaimanapun, bahwa tim penemu telah menipu masyarakat.

Dipimpin oleh pembuat film Simcha Jacobovici, sebuah tim arkeologi termasuk sejarawan James Tabor Alkitab, profesor dan ketua studi agama di University of North Carolina di Charlotte, menggunakan lengan robot dan kamera pada tahun 2010 untuk memetakan melalui abad ke-1 Masehi makam di Yerusalem  mereka katakan telah menemukan tulang Kristus, keluarganya dan beberapa murid-Nya.

Temuan itu dirilis dalam buku Penemuan Yesus: Penemuan Arkeologi Baru yang mengungkapkan kelahiran agama Kristen. Makam itu diduga berisi osuarium dengan tulisan berisi nama-nama dari keluarga suci, Yesus, Maria, dan Yusuf, yang berdampingan satu sama lain. Jacobovici dan Tabor mengatakan bahwa itu tidak mungkin seperti urutan nama adalah kebetulan, tetapi yang lain bersikeras nama-nama yang umum pada saat itu dan mungkin memang murni kebetulan.

Lain penemuan yang signifikan, bagaimanapun, termasuk gambar dari apa yang arkeolog katakan adalah mengenai ikan paus, atau "ikan besar," yang menelan Yunus, sebuah gambaran dari Perjanjian Lama yang mewakili kebangkitan Kristus. Jika sah, kemungkinan akan menjadi salah satu awal kisah Kristus, tetapi sarjana lain yang skeptis dan bersikeras setiap bagian dari bukti harus erat diperiksa.

"Sekarang apakah yang mereka katakan bahwa ia bangkit atau akan bangkit, kita bisa berdebat tentang itu, tapi penemuan arkeologi itu sendiri menunjukkan, Anda tahu, cahaya baru, memberi cahaya baru pada agama Kristen," kata Jacobovici.

Bagaimanapun, beberapa dari mereka berpendapat bahwa gambar hal itu bukanlah sebuah ikan paus.

Sarjana lain, Robert Cargill, asisten profesor klasik dan studi agama di University of Iowa, mengklaim bahwa Tabor sendiri telah berbagi dengannya gambar dari paus yang seharusnya jelas, tapi ketidakjelasan tidak muncul dalam gambar didistribusikan kepada media.

"Ada jelas pegangan di bagian atas gambar yang disebut 'ikan Yunus', tetapi Tabor dan Jacobovici tidak memasukkan mereka dalam museum replika atau gambar CGI," kata Cargill. 

Sementara Goodacre dan lain-lain menolak keabsahan seluruh penemuan Kubur Yesus, banyak temuan oleh Jacobovici dan timnya cenderung terus mengaduk banyak diskusi dalam komunitas arkeologi.

Sebuah film dokumenter baru untuk Discovery Channel disebut "Misteri Makam Kebangkitan," akan dayang perdana pada 12 April, sebuah film dokumenter yang erat tentang penelitian seputar penemuan Makam Yesus dan diskusi sekitar mereka.

(Christianpost)
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by Cerita Langit