Daftar Perusahaan Penjual Data Pribadi Anda

Informasi pribadi yang pernah Anda muat di dunia maya seperti nama lengkap, alamat rumah, daftar belanja, aktivitas kartu kredit, dan berbagai detail sensitif lainnya. Siapakah mereka dan bagaimana menghentikannya?

Mereka adalah pialang data, perusahaan yang mendulang uang dengan memperjualbelikan informasi personal. Data ini biasa dibeli oleh para agen pemasaran, terutama yang menargetkan penjualan online. Tapi, perusahaan ini bisa menjual kepada siapa saja.

Sebagai ilustrasi betapa mengerikan dampak perdagangan data pribadi ini, Anda bisa menilik kasus laman BeenVerified.com yang korbannya menuntut balas.

Masih banyak lagi pialang data lain yang dihimpun Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat. Berikut daftar pialang data berikut jargonnya untuk menjual data Anda, seperti dikutip dari laman Readwriteweb.com:

Acxiom: “Chanel Pemasaran Abad 21" - “Bersihkan Daftar Anda: data higienis kami dimulai dengan harga US$25.”

RapLeaf: “Unggah e-mail pelanggan Anda untuk mendapatkan data usia, jenis kelamin, dan banyak lagi.” Bagian terburuk dari jasa ini: mereka meminta alamat e-mail kantor Anda sebelum dapat menggunakan layanan uji coba gratis.

Spokeo: "Bukan daftar telepon nenekmu." Perusahaan ini dapat mencari nomer telepon teman, keluarga, dan mengidentifikasi nomer telepon serta e-mail.

PrivateEye: “Jutaan Data yang Terekam Ada di Tangan Anda.” - Anda tidak perlu mendaftar sebagai anggota. Sebanyak mungkin informasi yang Anda punya untuk mencari dengan Mesin Pencari Orang ini.

Radaris: "Radaris adalah mesin pencari terbaik dengan spesialisasi mencari orang melintasi ruang dan waktu."

BeenVerified: "BeenVerified adalah database publik dari informasi yang tersedia untuk memudahkan Anda." Perusahaan ini senantiasa memperbarui data dan layanannya, kendati tidak menjamin tingkat akurasi hingga 100 persen.

Masih ada banyak perusahaan lain yang terdeteksi, seperti Intelius, Zabasearch, Archives, PeopleLookup, US Search, PeopleFinders, PeekYou, PublicRecordsNow, USA People Search, Epsilon, White Pages, MyLife, PIPL, dan PeopleSmart.

Apa yang bisa Anda lakukan?

Ada perusahaan yang menyediakan jasa penghapusan rekaman data ini, seperti SafeShepherd. Layanan dasar perusahaan ini bisa diakses gratis.
Perusahaan ini akan menelusuri informasi Anda di dunia maya. Anda akan menerima peringatan gangguan privasi dan diminta menghapus data yang terekam. Untuk pembersihan lebih mendalam, Anda bisa membayar jasa ini.

SafeShepherd memantau para pialang data yang telah masuk daftar tadi. Pada pencarian sehari-hari, layanan ini menemukan data pelanggan pada sekitar 11 laman.

Solusi ini hanya sementara. Terlalu banyak pialang data yang bisa Anda telusuri sendiri. SafeShepherd pun harus berulang kali melakukan pencarian.
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater