Endang Sedyaningsih Telah Pergi

Indonesia kehilangan salah satu sosok terbaiknya yaitu Endang Rahayu Sedyaningsih. Endang yang secara definitif dianggap masih menjadi Menteri Kesehatan RI itu meninggal dunia hari ini, 2 Mei 2012, jam 11.41 WIB di RSCM Jakarta.

Endang sebenarnya sudah mengajukan pengunduran dirinya ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 26 April 2012. Presiden juga sudah mengabulkan permohonan itu. Akan tetapi belum ada serah terima jabatan. Apalagi Presiden belum menunjuk siapa pengganti Endang sehingga secara definitif ada yang menganggap ia masih menjadi menteri. Namun menurut Jubir Presiden Julian Aldrin, Endang posisinya sudah mantan Menteri Kesehatan karena permohonan pengunduran dirinya sudah diterima Presiden

Endang mengajukan diri mundur sebagai Menteri Kesehatan RI karena kanker paru yang dideritanya makin mengganas. Tahun 2010 lalu ketika ia diberitakan sakit, kanker parunya masih stadium tiga. Kemarin waktu mengajukan pengunduran dirinya, sudah stadium empat. Hari ini ia tak mampu lagi menahan sakitnya hingga menghembuskan napas terakhirnya di RSCM.

Banyak yang kehilangan atas wafatnya Endang. Perempuan yang kariernya melesat ini mengejutkan banyak pihak ketika ditunjuk menjadi menteri. Di masa Menkes dijabat Siti Fadilah Supari namanya menjadi berita. Ketika itu ia masih menjabat Kepala Puslitbang Biomedis dan Farmasi. Namun pada 24 Juli 2008 Menkes saat itu menurunkan jabatannya karena melakukan tindakan indisipliner. Namun pangkatnya naik lagi menjadi Peneliti Utama pada Puslitbang Biro Medis dan Farmasi pada 1 Agustus 2008. Tak hanya itu, Presiden SBY kemudian malah mengangkatnya jadi Menteri Kesehatan di Kabinet Indonesia Bersatu II (2009-2014).

Endang Rahayu Sedyaningsih lahir di Jakarta, 1 Februari 1955. Ia memperoleh gelar sarjana pada tahun 1979 dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan gelar magister dan doktor dari Harvard School of Public Health.
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater