Setelah Gerhana Matahari, Ada Gerhana Bulan

Pemandangan pagi di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua dibuka dengan gerhana matahari cincin. Dalam setahun, gerhana matahari bisa menyambangi sekitar 2 kali tergantung waktu berselang.

Gerhana matahari terjadi pada Senin, 21 Mei 2012 pada pukul 06.30 WIT. Kini peristiwa ini sudah selesai melintasi langit Indonesia. Gerhana matahari cincin ini terjadi ketika wilayah terkena bayangan primer. Gerhana cincin terbit di wilayah Asia Timur, melintasi Pasifik Utara, hingga terbenam di Amerika Utara. Wilayah Cina, Jepang, dan Amerika Serikat dapat menyaksikan versi cincin.

Sementara wilayah yang terkena bayangan sekunder terletak di Utara. Cina, Rusia, Alaska, dan Kanada dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian.

"Dua minggu setelah gerhana matahari, akan ada gerhana bulan di Indonesia," ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin saat dikontak Vivanews, Senin 21 Mei 2012.

Anda bisa menyaksikan gerhana bulan mulai pada pukul 17.00 setelah matahari terbenam di langit Indonesia. Pada 4 Juni 2012, bulan purnama akan tertutup sebagian hingga pukul 19.00 WIB.

(Viva)
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater