Umat Muslim Mengadakan MTQ Sambil Menggaet Umat Katolik

Kegiatan musabaqah tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Manggarai Timur di Pota, Ibukota Kecamatan Sambirampas, Kabupaten Manggarai Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur, baru saja berakhir, namun ada hal yang menarik dari acara ini.

Panitia dari kegiatan bersifat kerohanian ini ternyata tidak seluruhnya Umat Muslim. Sebagian dari pihak penyelenggara merupakan Umat Katolik Paroki Hati Mahakudus Tuhan Yesus Pota, Keuskupan Ruteng.

Sebagaimana diungkapkan Pastor Paroki Hati Mahakudus Tuhan Yesus Pota, Pastor Yohanes Syukur kepada Kompas online, Senin (30/4), keterlibatan Umat Katolik disana adalah sesuatu yang wajar mengingat Umat Katolik dan Umat Islam di sana sangat berbaur.

Tidak hanya itu saja, lanjutnya, Umat Katolik dan Umat Islam di Pota juga sangat berbaur dalam kehidupan bermasyarakat sehingga kerukunan dan kedamaian terus terjaga dengan baik.

Untuk diketahui, MTQ tingkat Kabupaten Manggarai Timur di Pota diadakan mulai Senin (30/4) - Jumat (4/5). Sampai dengan selesainya acara, tak ada satu pun hal-hal buruk yang terjadi.

Dalam keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia, toleransi dan saling tolong menolong merupakan hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Meski selama ini ada pihak-pihak yang ingin menghancurkan persatuan dan kesatuan negeri ini, tetapi itu tidak pernah berhasil dilakukan karena kita semua sadar bahwa kita ini satu bangsa.

Namun begitu, kita perlu tetap waspada mengingat bahaya laten terpecah belahnya persatuan dan kesatuan bangsa masih mengancam. Oleh sebab itu, mari kita sebagai orang-orang percaya mendoakan hal ini. Mintalah kepada Tuhan supaya kasih-Nya melanda setiap rakyat yang ada di seluruh penjuru wilayah Nusantara dan segala rencana buruk yang sedang dirancangkan orang-orang tak bertanggung jawab tak ada satupun yang terjadi. Damai bagi Indonesiaku, Damai bagi Tanah Airku !

(kompas)
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater