Yuk Kita Bangun Pagi!

Banyaknya aktivitas seharian sering membuat kita kurang istirahat, mudah lelah, daya tahan tubuh menurun dan membutuhkan tidur yang lebih lama. Akibatnya keesokan harinya atau pada hari selanjutnya, kita akan kesulitan untuk bangun pagi. Padahal bangun kesiangan hanya cocok dilakukan di hari-hari tertentu seperti hari minggu atau hari libur saja.

Bangun siang akan membuat hari-hari anda berantakan karena menyita waktu penting yang seharusnya dilakukan untuk aktivitas atau rencana tertentu. Selain itu Anda akan memiliki mood yang kurang baik dengan bangun kesiangan. Padahal udara pagi dan aktivitas baik seperti olahaga pagi mampu membuat Anda lebih semangat dan lebih bugar dan sehat.

Karena itu. Tak ada ruginya untuk bangun pagi. Bagi Anda yang memiliki kesulitan bangun pagi, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar lebih mudah bangun pagi,

Tidur lebih awal
Agar lebih mudah bangun pagi, maka penuhi kebutuhan tidur Anda dengan membayarnya pada jam-jam awal di malam hari. Sisihkan sebagian pekerjaan untuk dilakukan pada saat dini hari, atau hindari aktivitas yang kurang penting yang memaksa Anda tidur labih larut. Selain itu pastikan suasana dan tempat tidur mampu menunjang tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Hindari makanan dan minuman yang membuat Anda terjaga
Karena tujuan Anda adalah agar segera tidur dan bangun pagi, maka seharusnya hindari konsumsi makanan dan minuman seperti kopi dan coklat yang membuat Anda betah dan cenderung susah tidur.

Pasang alarm agak jauh
Gunakan alarm yang tidak dapat dijangkau tubuh dengan mudah, misalnya di dekat pintu. Dengan bunyi alarm yang memaksa Anda untuk mematikannya namun dengan lokasi yang cukup jauh dari tempat tidur akan membuat Anda berusaha dan bergerak sehingga Anda akan langsung terbangun dengan sendirinya.

Letakkan segelas air putih di samping tempat tidur
Begitu alarm berbunyi dan Anda berhasil mematikannya, maka segeralah meraih air putih. Air putih baik diminum segera setelah bangun tidur karena membantu pencernaan. Sekaligus berfungsi membangunkan Anda dari rasa kantuk yang tersisa setelah Anda bangun tidur.

Tarik nafas dalam-dalam
Jika Anda masih kantuk namun harus tetap bangun pagi, maka lakukan relaksasi dengan meregangkan tubuh dan menarik nafas dalam-dalam. Hal ini juga dapat memperbaiki mood jika Anda terbangun karena bermimpi sesuatu yang tidak menyenangkan.

Banyak sekali manfaat bangun pagi khususnya untuk kesehatan fisik dan mental. Jadi Anda akan mendapatkan kerugian besar jika melewatkan pagi hari hanya untuk terlelap dalam selimut. Jadi rubahlah pola hidup Anda untuk bangun pagi setiap hari.
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater