Pelajaran dari Beres Zoo

Nama populernya Beres Zoo. Di telinga Indonesia nama itu terdengar unik. Tetapi ia lebih dikenal sebagai “Morning Zoo” karena siaran radio paginya. Namanya sendiri Zoltan Beres, kelahiran Hungaria 29 April 1975.

Sebelum menjadi penyiar radio, ia adalah pencipta lagu, dan disc jockey (DJ) di negaranya, Hungaria. Ia menggagas grup musik 4F-Club dengan album pertamanya Balaton Fever. Album ini sukses dan membuatnya terkenal. Namun Beres tak bisa melanjutkan suksesnya. Ketika album-album berikutnya diluncurkan tak ada yang sukses lagi. Grupnya pun bubar.

Karena kurang berhasil itu ia banting setir menjadi penyiar radio. Dialah penggagas satu style siaran radio yang namanya shock jock, yaitu siaran yang menghibur pendengarnya dengan cerita yang dilebih-lebihkan baik unsur humornya maupun unsur kesedihannya. Style ini lebih dikenal sebagai tabloid radio karena lebih menekankan unsur hiburannya ketimbang fakta. Di Hungaria, dialah orang pertama yang memperkenalkan shock jock ini.

Namun style seperti ini kerap mengundang masalah dan penyiarnya berurusan dengan sejumlah pihak. Beres sendiri beberapa kali berurusan dengan sejumlah pihak hingga ke pengadilan, mulai soal lirik lagunya hingga namanya. Soal namanya, Beres, ia digugat perusahaan farmasi Béres Gyógyszergyár Zrt karena menggunakan nama “Beres” dalam pertunjukannya.
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater