Tips Berbelanja untuk Konsumen yang Hemat

Tidak dapat dimungkiri, semakin hari harga kebutuhan pokok semakin tinggi. Hal ini terkadang tidak diikuti dengan naiknya penghasilan kita tiap bulannya. Bahkan beberapa orang sering mengeluh karena mereka mengalami kesulitan finansial. Sebenarnya masalah utamanya bukan karena kita tidak memiliki cukup uang, tapi kadang secara tidak sadar kita mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatur pengeluaran Anda.
  1. Buatlah Perencanaan
    Sebelum berbelanja, alangkah baiknya jika Anda melakukan perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan akan membantu Anda terhindar dari pembelian barang yang tidak perlu.
  2. Bandingkan Harga
    Jangan mudah tergoda oleh barang yang mendapat potongan harga. Bandingkan dengan toko lain sebelum Anda menjatuhkan keputusan. Terkadang toko lain menjual barang yang sama dengan harga yang lebih terjangkau.
  3. Banyak Belum Tentu Hemat
    Biasanya orang berpikir, mereka lebih hemat jika membeli satu macam barang dalam jumlah besar. Pikirkan dulu sebelum membeli barang dalam jumlah besar, belilah barang hanya untuk menggantikan yang sudah habis di rumah. Sebagai contoh, Anda tidak perlu membeli tisu enam gulung jika Anda hanya membutuhkan satu gulung saja, bukan? Sisa uangnya bisa Anda gunakan untuk membeli kebutuhan lain yang kebetulan sedang habis di rumah.
  4. Jangan Tergoda Potongan Harga
    Jangan membeli barang hanya karena barang tersebut sedang mendapatkan potongan harga, apalagi jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya. Kadang ketika kita membersihkan dapur atau lemari, kita akan menemukan berbagai macam barang yang dulu kita beli ketika sedang pesta diskon, tetapi pada akhirnya barang tersebut tidak pernah kita gunakan.
  5. Jumlah Besar Belum Tentu Lebih Murah
    Hampir sama dengan tips nomor 3, tips ini ingin mengingatkan Anda bahwa pembelian barang dalam besar belum tentu lebih murah. Kadang kala, kita perlu melihat harga barang dalam partai besar untuk membandingkannya agar mendapatkan harga yang lebih murah. Banyak toko yang menyertakan harga per unit di samping harga satuan.
  6. Cek Selalu Nota Belanja Anda
    Jangan lupa untuk mengecek kembali nota yang diserahkan oleh petugas setelah Anda berbelanja. Komputer pun bisa melakukan kesalahan. Saya memiliki sebuah pengalaman di mana saya harus membayar 23 potong roti, padahal seharusnya hanya 2 potong. Saya senang sekali karena saya mengecek nota saya.
  7. Jangan Membawa Kartu Kredit
    Supaya tidak membelanjakan terlalu banyak uang, saya sarankan jangan membawa kartu kredit Anda. Bawalah sejumlah uang yang Anda perlukan. Dengan begitu, Anda tidak akan tergoda untuk membeli barang lain yang mungkin tidak Anda perlukan.
  8. Jangan Belanja pada Tanggal Mud
    Berbelanja bisa memberi tekanan yang besar terutama jika pusat perbelanjaan ramai dipenuhi oleh orang. Oleh karena itu, hindarilah tanggal muda di mana orang kebanyakan berbelanja setelah menerima gaji bulanan mereka. Bayangkan kelelahan yang harus Anda rasakan dan waktu yang terbuang hanya untuk mengantri di kasir ketika tanggal muda.
  9. Banyak cara lain untuk berbelanja. Awali acara belanja Anda dengan sebuah perencanaan, jangan pernah pergi ke toko tanpa perencanaan terlebih dahulu. Bijaksanalah dan tetapkan tujuan ketika Anda menghadapi godaan. Selamat berbelanja. 
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater