Hindari Marah Saat Akan Tidur

Mungkin Anda pernah mendengar larangan “jangan tidur dengan kondisi marah”, ternyata ungkapan tersebut ada benarnya. Penelitian dalam jurnal Neuroscience menguatkan ungkapan tersebut, bahwa marah yang berupa emosi negatif yang dibawa menjelang tidur mampu mengurangi kualitas tidur tersebut.

Penelitian yang melibatkan 106 laki-laki dan perempuan yang diberikan stimulus berupa gambar-gambar yang menimbulkan emosi termasuk rasa marah. Akibatnya rasa marah tersebut mampu menimbulkan keadaan resah yang menyebabkan susah tidur dan otak bekerja untuk menyimpan memori marah tersebut.

Marah yang berlebihan dapat memacu kerja jantung menjadi semakin berat dan menaikkan tekanan darah. Akibatnya dapat berupa kejang otot kronis, serta penurunan aktivitas insulin. Hal tersebut disampaikan oleh Dr Alexander Golbin. Tidur dengan kondisi marah juga menjauhkan kemungkinan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Akibat lain adalah sering terbangunnya di malam hari karena masih mengingat hal yang menyebabkan emosi. Sehingga daya tahan tubuh dapat menurun dan aktivitas dapat terganggu.

Hal lain yang menyebabkan tidur menjadi tak nyenyak adalah rasa marah yang terbawa selagi tidur dapat membangkitkan semacam kondisi siaga untuk cepat bereaksi dan menanggapi sesuatu. Karena terbangun di tengah tidur tersebut justru semakin menambah potensi marah.

Solusi terbaik adalah mengupayakan segala cara agar kemarahan tersebut reda sehingga tubuh terkondisi menjadi santai dan rileks menjelang tidur. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca buku atau cerita lucu, menyampaikan keluh kesah pada saudara atau sahabat dan lain-lain.

Solusi kedua adalah bertindak profesional dengan tidak melibatkan masalah pribadi sebelum tidur. Lupakan sejenak dengan mengalihkannya untuk memikirkan sesuatu yang menyenangkan. Keesokan harinya setelah Anda terbangun dengan segarnya, Anda lebih siap menjalani hari serta membebaskan masalah atau menuntaskan rasa marah.

Rasa marah memang diciptakan salah satunya sebagai bentuk perlindungan pada diri sendiri. Namun seharusnya Anda dapat memposisikannya dengan cara yang tepat terlebih efek negatifnya jika dibawa sebelum tidur. Pandai=pandailah merayu diri sendiri untuk merubah mood demi mendapatkan tidur yang berkualitas dan hari esok yang lebih baik.
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater