Kungfu Kermit, Katak Bruce Lee dari Batam

Tendangan ala Bruce Lee ternyata juga dijumpai di dunia satwa. Katak pohon bermata merah, salah satu jenis katak pohon, memiliki polah mirip gerakan master kungfu asal Cina tersebut.

Katak tersebut dinamakan Bruce Leap karena gerakannya yang mirip ahli bela diri Bruce Lee. Dengan kaki kiri menumpu kuat pada batang kayu, katak bertubuh hijau terang itu mengangkat kaki kanannya dan secara liar menendang keluar.

Katak endemik hutan hujan tropis Amerika Tengah ini tertangkap kamera Shikhei Goh sedang menyerang dengan kaki kanannya. Gerakannya mirip seperti gerakan yang sering diperagakan Bruce Lee dalam banyak film.

Shikhei, pencinta satwa asal Batam, Riau, memelihara reptil berwarna-warni itu di rumahnya. Sebagai penggemar serangga dan jenis satwa lainnya, dia sering mengamati dan mencatat perilaku mereka.

“Hewan-hewan ini sering melakukan gerakan seperti manusia,” kata dia. “Contohnya katak pohon ini. Dia mengangkat kaki kanannya ke atas, menggeser berat badannya ke kiri, lalu menendang. Gerakan itu sangat cepat, hanya sepersekian detik.”

Shikhei berhasil mengabadikan momen gerakan unik katak pohon bermata merah lewat kameranya. Meski baru mengawali hobi fotografi satwa sejak akhir tahun lalu, Shikkei telah mengoleksi banyak gambar makro satwa.

Katak pohon bermata merah ini juga baru dimilikinya empat bulan lalu. Sejak itu ia langsung tertarik mengabadikan foto-foto katak berukuran 2-4 sentimeter tersebut. “Hal pertama yang terlintas dalam pikiran orang ketika melihat foto-foto katak ini adalah sosok legenda Bruce Lee,” ujar dia.

Katak pohon bermata merah adalah jenis katak pohon yang tidak beracun. Katak ini bergantung pada kemampuan menyamar (kamuflase) untuk melindungi diri dari pemangsa.

Katak pohon bermata merah hanya berburu pada malam hari (nocturnal). Sebagai karnivora, katak pohon bermata merah ini doyan makan jangkrik, ngengat, lalat, dan serangga lainnya. Bahkan katak ini dikenal memangsa katak jenis lain yang berukuran kecil.

(Tempo)
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater