Mission ImPUSSible

Baru-baru ini terjadi misi penyelamatan yang bisa dikatakan luar biasa. Inilah kisah lengkapnya.

Pusat Pelayanan Keselamatan Kebakaran County Durham, Inggris, menerima sebuah panggilan darurat. Segera setelah itu, pasukan pemadam kebakaran yang terbaik langsung bergerak. Korban terperangkap di bawah kaki sebuah jembatan setinggi 9 meter, yang dikelilingi sungai yang meluap. Korban terancam terbawa arus kapan pun juga.

Dalam hitungan menit, dua mobil pemadam kebakaran-unit pemompa air dan petugas kebakaran senior-telah berkumpul di jembatan di atas Sungai Wear di Inggris. Mereka lalu mendiskusikan rencana tindakan pertolongan mereka.

Siapakah korban operasi penyelamatan besar di Croxdale, County Durham ini? Seekor kucing belang hitam putih.

Keberadaan kucing belang itu di bawah jembatan baru diketahui pada Rabu pagi (Rabu siang WIB), 25 April 2012, oleh Eddy Williamson. Ketika itu, pria berusia 62 tahun ini sedang berjalan-jalan dengan anjingnya melintasi jembatan Sungai Wear dan melihat sesuatu yang dipikirnya hanya sebuah kantong plastik di dasar jembatan beton.

"Tapi akhirnya, saya melihat dengan jelas kalau itu seekor kucing," kata Williamson. "Saya tidak tahu kenapa kucing itu bisa ada di situ, tapi saya pikir ada orang yang menjatuhkannya dari atas jembatan." Mr. Williamson inilah yang menghubungi pusat pelayanan keselamatan kebakaran.

Ketika petugas tiba di jembatan, ada seorang warga yang berani mengarungi arus sungai untuk menyelamatkan binatang malang itu. Namun karena tak percaya dengan "pahlawan dadakan" itu, si kucing belang bergerak menjauhinya. Petugas kemudian menyuruh warga itu untuk kembali ke tepi sungai karena khawatir binatang itu akan terjatuh ke dalam sungai. Jadi, apa yang harus mereka lakukan?

Petugas yang menjadi penanggung jawab memutuskan untuk menurunkan seorang petugas pemadam kebakaran dengan menggunakan tali supaya tidak membuat kucing itu ketakutan. Sesaat kemudian, tim pun mulai beraksi sembari membawa sebuah jaring dan kandang.

Ternyata, jaring itu tidak diperlukan karena operasi penyelamatan bisa berjalan dengan lancar dan salah satu petugas bisa mengambil kucing belang itu tanpa kesulitan berarti. "Saya tidak tahu bagaimana kucing itu bisa sampai di sana. Itu masih misteri bagi kami. Tapi yang pasti kucing itu tidak terluka dan tidak terkena air sama sekali," ujar Steve Cummings, manajer pusat pelayanan keselamatan kebakaran.

Setelah diselamatkan, kucing belang itu dibawa ke tempat perlindungan binatang. Kondisinya baik-baik saja, seperti dilansir www.dailymail.co.uk. Sayangnya, upaya pencarian pemilik kucing belang itu masih terhambat karena kucing itu tidak memiliki tanda pengenal berupa kalung karet atau semacamnya.

Luar biasa sekali tindakan para petugas yang bertugas dalam operasi penyelamatan si kucing belang. Karena saat ini sepertinya makin sedikit saja manusia yang memikirkan keselamatan makhluk hidup lainnya. Para penyelamat di sini terbukti masih memiliki kesadaran bahwa seekor kucing juga termasuk makhluk hidup yang berhak untuk hidup dan diselamatkan.
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater