Siapa Sebenarnya Penulis Alkitab?

Alkitab itu firman Tuhan atau dengan kata lain, Alkitab itu buku karangan Tuhan. Loh emang Tuhan bisa nulis buku gitu? Why not?! Di Perjanjian Lama aja ada cerita kalo Tuhan sendiri menulis dua buah loh batu dengan tanganNya sendiri (Keluaran 31:18).

Tapi uniknya buat proyek nulis Alkitab, Tuhan mempekerjakan banyak ‘sekertaris pribadi’, kurang lebih ada 40 orang (banyak banget ya…) dan yang uniknya lagi, ‘sekertaris pribadi’-nya Tuhan ini nggak hidup pada zaman yang sama. Ada yang hidup di zaman dunia purba sampe ada yang hidup di zaman modern jadi kira-kira ada rentang waktu 1500 tahun.

Jadi kalo dibilang Alkitab itu bukan firman Tuhan karena nggak ditulis langsung sama Tuhan ya nggak bener, karena gimana pun juga Tuhan yang punya inisiatif buat nulis Alkitab cuma Dia nyuruh ‘sekertaris pribadi’Nya buat nulisin Alkitab buat Dia.

Sekertaris-sekertaris Pribadi Tuhan
Siapa aja sih orang-orang yang mendapat kehormatan menjadi ‘sekertaris pribadi’ Tuhan buat nulisin Alkitab?

Musa
Om yang satu ini emang luar biasa banget. Dari kecil satu sekolah sama anak Firaun, udah gede jadi pemimpin bangsa Israel yang legendaris sampe sekarang. Dia juga yang nulis lima kitab pertama di Alkitab yang dikenal dengan Kitab Taurat. Apa ajah hayo??

Yosua
Pengganti Om Musa ini juga nggak kalah keren. Setelah om Musa meninggal, Yosua nerusin perannya sebagai pemimpin bangsa Israel. Yosua nerusin catatan om Musa tentang keadaan bangsa Israel setelah om Musa meninggal. Tulisan Yosua yang kita kenal sekarang dengan nama kitab Yosua.

Samuel
Ini dia nabi yang sekaligus menjabat sebagai hakim Israel. Om Samuel ini nulis kisah kehidupan orang Israel setelah Om Yosua meninggal sampe ada raja yang terpilih. Dipercaya setelah om Samuel meninggal, nabi Natan nerusin catatan beliau. Kitab yang ditulisnya adalah kitab Samuel, Raja-raja dan Hakim-hakim.

Ezra
Om yang satu ini emang teliti banget. Catatannya tentang perjalanan bangsa Israel kembali ke Kanaan dari Babel, en sejarah singkat bangsa Israel itu lengkap banget. Catatan om Ezra sekarang kita kenal sebagai kitab 1-2 Tawarikh en Ezra.

Nehemia
Ini dia orang yang cinta mati sama bangsanya. Padahal waktu itu Nehemia kerja di istana raja di Babel, punya kedudukan tinggi. Tapi dia rela ninggalin semuanya itu demi ngebangun tembok Yerusalem. Tulisan Nehemia terus jadi kitab Nehemia.

Daud
Ini dia raja Israel yang paling terkenal. Selain sebagai raja Daud juga terkenal sebagai seorang pencipta lagu yang jago. Kita bisa baca karya Daud di kitab Mazmur.

Salomo
Anak Daud ini dikenal sebagai raja paling berhikmat, saking berhikmatnya dia sampai nulis dua kitab berisi wejangan hikmat: Amsal en Pengkhotbah. Selain berhikmat Salomo juga romantis loh. Keromantisan Salomo bisa dibaca di kitab Kidung Agung.

Yesaya
Nabi yang hidup di zaman sebelum dan pas zaman pembuangan bangsa Israel di Babel ini menulis banyak teguran, janji dari Tuhan buat orang Israel. Catatan khotbah Yesaya ini sekarang kita kenal dengan nama kitab Yesaya.

Yeremia
Nabi yang satu ini sering banget nangisin nasib bangsa Israel sampe dia dapet julukan the weeping prophet (nabi yang menangis). Selain nulis kitab yang dikasih judul sama dengan dengan namanya sendiri, dia juga nulis kumpulan doa syafaat en tangisan buat bangsa Israel yang dikasih judul Ratapan.

Yehezkiel
Nabi yang satu ini adalah imam yang ikut dibuang ke Babel. Di Babel, Yehezkiel tetep mengabarkan firman Tuhan yang dia terima. Catatan nubuatan, kisah hidup nabi Yehezkiel ini yang sekarang kita kenal sebagai kitab Yehezkiel.

Mikha
Menurut sejarah, Mikha itu bukan siapa-siapa cuma orang desa biasa. Tapi dari kata-katanya, kita bisa liat kalo Mikha itu orang yang punya hubungan yang erat dengan Tuhan. Mikha nulis kitab yang sama dengan namanya sendiri.

Hosea
Kalo ada pemilihan nabi paling setia, mungkin Hosea yang menang. Bayangin aja, waktu tau istrinya selingkuh Hosea bela-belain nyari istrinya, terus bawa dia pulang lagi. Luar biasa.

Daniel
Daniel, yang nulis kitab yang sama dengan namanya ini, adalah orang Israel yang hidup di Babel waktu zaman pembuangan Babel. Daniel ini orang yang punya posisi penting dalam pemerintahan di kerajaan Babel en Media Persia.

Yoel
Nabi yang satu ini nggak banyak ninggalin keterangan tentang dirinya, tapi kurang lebih dia hidup di zaman raja Yoas. Nabi Yoel nulis kitab yang sama dengan namanya sendiri.

Nahum
Nahum emang nabi yang unik. Kalo ampir semua nabi laen yang ada di Alkitab bicara soal Israel, dia malah ngomongin Niniwe. Nah catatan nubuatan nabi Nahum tentang Niniwe ini kita kenal sekarang sebagai kitab Nahum.

Yunus
Semua anak sekolah minggu pasti tau dong cerita Yunus di perut ikan besar. Nah catatan hidup Yunus ini dijadiin kitab yang dikasih judul sama dengan namanya sendiri.

Habakuk
Nabi yang satu ini emang suka banget nulis buku harian yang isinya doa, dan nubuatan yang dia dapet dari Tuhan. Nah buku hariannya ini yang sekarang kita kenal sebagai kitab Habakuk.

Amos
Nabi yang satu ini emang beda. Dia punya pekerjaan sebagai gembala en pemetik buah anggur, tapi walopun begitu pekerjaannya nggak menghalangi dia buat menyampaikan firman Tuhan. Nah catatan kotbah nabi Amos ini yang kita kenal sebagai kitab Amos sekarang.

Zefanya
Nabi yang satu ini punya keturunan darah biru loh. Dia itu buyutnya Raja Hizkia.
Catatan kotbah en nubutan nabi Zefanya sekarang kita kenal sebagai kitab Zefanya.

Obaja
Nabi yang satu ini emang nggak ninggalin banyak keterangan, tapi pada intinya dia banyak nubuatin tentang kebinasaan Israel. Catatan nubuatan Obaja ini yang kita kenal sebagai kitab Obaja.

Zakharia dan Hagai
Ini dia dua serangkai yang kompak banget nguatin bangsa Israel yang baru dateng dari pembuangan di Babel. Dua nabi ini nulis kitab yang dikasih judul sesuai nama masing-masing.

Maleakhi
Nabi yang satu ini tegas banget soal hubungan dengan Tuhan. Catatan kotbah nabi Maleakhi ini yang sekarang kita kenal dengan kitab Maleakhi.

Matius
Bekas pemungut cukai yang jadi murid Yesus ini nulis kisah kehidupan Yesus dan menjadi salah satu dari empat injil.

Markus
Markus yang nulis Injil ini bukan salah satu dari 12 rasul, tapi dia punya hubungan erat dengan 3 rasul besar: Paulus, Barnabas, en Petrus. Kisah kehidupan Yesus yang ditulis Markus kemudian jadi salah satu kitab Injil.

Lukas
Dokter yang seneng nulis ini emang rajin banget. Di sela-sela prakteknya dia sempet-sempetin ngadain penelitian tentang kehidupan Yesus en rasul-rasul setelah Yesus naik ke surga. Lukas ini nulis dua kitab: injil Lukas en Kisah Para Rasul.

Yohanes
Ini dia murid yang paling disayang Yesus diantara dua belas muridnya. Selaen nulis Injil Yohanes, dia juga nulis surat buat gereja mula-mula yang kita kenal dengan kitab ,1-3 Yohanes, en kitab nubuatan akhir zaman, Wahyu.

Paulus
Nah ini rasul yang paling rajin. Selain rajin pergi ke daerah-daerah di Asia buat church planting, dia juga rajin nulis surat buat gereja-gereja yang udah dibangunnya. Total ada 10 kitab yang ditulis Paulus dari kitab Roma ampe kitab Filemon.

Petrus
Ini dia rasul yang paling terkenal gara-gara menyangkali Yesus. Tapi setelah Pentakosta dia jadi orang yang berani memberitakan Injil. Nah surat Petrus buat gereja yang udah dibangunnya itu yang sekarang kita kenal sebagai kitab 1 en 2 Petrus.

Yakobus dan Yudas
Dua orang yang nulis kitab yang namanya sama dengan nama mereka sendiri ini bukan dua orang dari dua belas rasul. Mereka berdua ini saudara tiri Yesus. So, siapa bilang kalo Yesus nggak ninggalin pengaruh buat keluarganya?

Selaen nama-nama yang disebutin diatas sebenernya masih ada nama-nama penulis kitab laen di Alkitab yang nggak diketahui. Kayak kitab Ayub en Ester di Perjanjian Lama ato kitab Ibrani di perjanjian Baru. Para ahli aja sampe sekarang masih belon tau siapa yang nulis kitab-kitab itu.

(diambil dari majalah GFresh! edisi 74)
←   →

VISIT NOW

1

Visitor

 

Copyright © 2009 by BELIEVER

Designed by Templater