Tips Efektif Mengatasi Gugup Saat Presentasi

Sebagaimana sering disebutkan bahwa ketakutan seseorang ketika menjadi pusat perhatian, maka cara yang sangat efektif adalah dengan melihat wilayah diantara kedua matanya. Namun, selain itu slide presentasi sangat membantu sekali mengalihkan perhatian audiens agar tidak terlalu terfokus kepada Anda. Hal ini akan memberikan ruang kepada Anda untuk memandang wajah audiens. Sehingga, slide presentasi memang sangat penting untuk dipersiapkan. Cobalah membuatnya secara menarik, dan lakukan latihan dengan slide tersebut baik animasi, tulisan, gambar dan lain-lain.

1. One for all
Ramainya audiens sangat mungkin merupakan salahsatu faktor yang membuat Anda merasa gugup. Maka trik dengan bicara dengan beberapa audience, akan banyak membantu. Pilihlah satu audience diantara audience yang lain. Pilih yang berwajah paling menyenangkan (cantik, atau menawan) dan dedikasikan presentasi Anda untuk orang tersebut. Anggap saja yang lain tidak sedang memperhatikan Anda. Lalu setelah beberapa waktu silahkan pilih satu audience lain yang tak kalah friendly. Cara ini memang agak aneh dan bukan untuk dilakukan sepanjang waktu. Namun, yakinkan diri bahwa Anda sedang berlatih.

2. Hadir untuk Memberi
Hal yang merusak sebenarnya adalah menganggap seluruh audiens Anda memikirkan diri Anda. Kondisi demikian membuat Anda egois dan memikirkan diri sendiri. Alangkah baiknya, Anda tak perlu terlalu mengkhawatirkan diri Anda sendiri dan apa yang dipikirkan orang lain terhadap diri Anda. Perlu Anda ketahui, bahwa audience bahwa yang Anda lakukan kepada audience adalah untuk member, dan bukan menerima (pujian, sanjungan, dst). Hal ini sebaiknya memberikan kesempatan bagi Anda untuk berfokus memberi, dan tak perlu memikirkan hal buruk-buruk yang mungkin terjadi.

Beberapa tips diatas akan sangat membantu latihan Anda menjadi public speaker yang tangguh namun tetap memiliki sense terhadap audience. Perlunya membangun perasaan “i’ve got nothing to loose”, dan memaksimalkan persiapan Anda untuk memberikan hasil maksimal pada presentasi Anda.

(Lanscapist)
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater