Jim Yong Kim Terpilih Jadi Presiden Bank Dunia

Untuk pertama kalinya Bank Dunia memiliki presiden keturunan Asia, Dr. Jim Yong Kim. Meskipun begitu, untuk ke-12 kalinya pemimpin tertinggi lembaga ini tetap berasal dari Amerika Serikat. Meski desakan begitu kuat agar pemimpin Bank Dunia kali ini berasal dari negara berkembang, 25 Dewan Eksekutif Bank Dunia tetap memilih kandidat yang berasal dari AS.

Kandidat Presiden Bank Dunia periode 2012-2017 terdiri dari beberapa calon. Selain Kim yang diusulkan AS, sejumlah negara berkembang mengusulkan Sri Mulyani yang saat ini menduduki posisi Managing Director Bank Dunia. Bahkan dari jajak yang digagas Worldbankpresident.org, Sri Mulyani diunggulkan oleh lebih dari 80 persen responden. Namun mekanisme pemilihan akhirnya meloloskan tiga kandidat yaitu Jim Yong Kim, José Antonio Ocampo (Kolumbia), dan Ngozi Okonjo-Iweala (Nigeria). Kim akhirnya terpilih dan akan mulai menjabat pada Juli 2012 menggantikan Robert B. Zoellick.

Kim sendiri dilahirkan di Korea Selatan pada 8 Desember 1959 dan pindah ke AS bersama orangtuanya saat ia berusia lima tahun. Orangtua Kim adalah ilmuwan. Ayahnya mengajar di University of Iowa sedangkan ibunya meraih gelar PhD bidang pilosofi.

Kim dikenal sebagai salah satu pendiri lembaga Partners in Health dan mantan direktur departemen HIV/AIDS World Health Organization (WHO). Ia juga pernah menjadi ketua umum Departemen Kesehatan Global dan Pengobatan Sosial Harvard Medical School, ketua divisi Kesetaraan Kesehatan Global di Brigham and Women's Hospital, serta direktur Pusat Kesehatan dan Hak Asasi Manusia François Xavier Bagnoud di Harvard School of Public Health.

Prestasinya itu membuat Kim mendapat award MacArthur Fellowship (Genius Grand) dari John D. and Catherine T. MacArthur Foundation (2003), menjadi salah satu dari "America's 25 Best Leaders " versi US News & World Report (2005), serta masuk daftar "100 Most Influential People in the World " versi majalah Time (2006).

Prestasi itu pula yang membuat Presiden AS Barack Obama mengajukannya menjadi calon presiden Bank Dunia pada Maret 2012 kemarin. Dewan Eksekutif Bank Dunia kemudian memilihnya menjadi Presiden Bank Dunia untuk periode 2012-2017.
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by BIC Blog

Designed by Templater