Rahasia di Balik Nama Yahoo

Tepat 17 tahun lalu pada 1 Maret 1995 David Filo dan Jerry Yang mendirikan perusahaan bernama Yahoo! Inc. Namun peristiwa menarik justru terjadi menjelang Yahoo! ini didirikan.

Filo dan Yang adalah dua kandidat doktor jurusan Teknik Elektro Stanford University.Keduanya tertarik pada internet. Karena banyaknya alamat internet yang biasa mereka akses, mereka merasakan kesulitan mengingatnya satu demi satu. Untuk memudahkannya maka dibuatlah halaman di website kampus mengenai direktori alamat-alamat website yang diperlukannya.

Halaman direktori website itu numpang di website kampus dengan nama "Jerry and David's Guide to the World Wide Web" (JDGWWW). Awalnya nama-nama website itu disusun begitu saja. Namun karena makin banyak lalu dibuat kategorinya. Tak lama kemudian jumlah website makin banyak sehingga perlu dibuat sub-kategori. Menariknya, halaman web-nya itu ternyata banyak yang mengakses, tak hanya teman-teman kampusnya, malah banyak juga yang dari luar kampus.

Menyadari ini maka mereka mencari nama yang lebih pas. Mereka pun mencari kata yang sekiranya cocok di berbagai kamus. Ketemulah kata"Yahoo" di kamus Gulliver's Travels karya Jonathan Swift. Mereka suka dengan artinya yaitu, "kasar, tidak canggih, tak tahu adat". Meski suka dengan kata "Yahoo" itu, arti itu dirasa tidak pas untuk sebuah direktori web. Dari sinilah muncul istilah "Yet Another Hierarchical Officious Oracle" untuk kepanjangan kata "Yahoo".

Kata "Hierarchical" menunjukkan bagaimana Yahoo! adalah database yang disusun berdasarkan layer-layer. "Oracle" diartikan sebagai "Sumber kebenaran dan kebijakan". Sedangkan "Officious" menunjukkan database ini akan akrab digunakan oleh pekerja di kantor-kantor.

Awalnya Yahoo! nebeng di domain kampus yaitu akebono.stanford.edu/yahoo. Perkembangan jumlah pengaksesnya sungguh luar biasa. Sejak diluncurkan Februari 1994, akhir tahun 1994 Yahoo! sudah mencapai satu juta hit. Karena itu mereka memutuskan membuat domain sendiri, Yahoo.com yang mereka luncurkan pada 18 Januari 1995.

Segera setelah itu, naluri bisnis keduanya timbul. Pada 1 Maret 1995 Yahoo! sebagai perusahaan pun dibentuk. Lima hari kemudian sebuah perusahaan modal ventura memberinya pinjaman untuk menjalankan Yahoo!

Sejak saat itulah Yahoo! pelan-pelan menjadi direktrori web yang menjadi andalan banyak orang hingga kini. Ini menunjukkan, ide bisnis yang sukses luar biasa kadang tak dirancang sebegitu rumit, tetapi dimulai dari suatu pekerjaan yang sifatnya iseng.