Atlet Besar dari Negara Kecil

Di manakah negara bernama Federasi Saint Kitts dan Nevis? Tak banyak yang tahu karena negara ini begitu kecil. Terletak di Kepulauan Karibia, negara ini terdiri dari dua pulau dengan jumlah penduduk hanya sekitar 31.000 jiwa.

Namun sejak tahun 2003, Saint Kitts dan Nevis terkenal di dunia gara-gara seorang olahragawan yang berprestasi, yaitu Kim Collins.Kim yang kelahiran 5 April 1976 mengentakkan dunia saat berlaga di kejuaraan atletik World Champions yang diselenggarakan di Paris tahun 2003. Turun di cabang lari jarak dekat 100 meter, ia berhasil menggondol medali emas bagi negaranya.

Bahkan pesta sebenarnya sudah dimulai ketika ia masuk babak final. Karena itu saat berlaga di final pada 25 Agustus 2003, negara itu hampir tak percaya seorang putranya bisa mempersembahkan medali emas di 2003 IAAF World Championships, dan menjadi medali emas pertama negara itu dari suatu kejuaraan dunia. Kim mengalahkan pelari unggulan seperti Darrel Brown (Trinidad and Tobago), Darren Campbell (Inggris), dan Bernard Williams (Amerika Serikat).

Tentu saja Kim jadi pahlawan. Dan sebagai imbalannya, negara itu menetapkan 25 Agustus sebagai Hari Kim Collins, satu bentuk penghargaan yang jarang diberikan oleh suatu negara kecuali bagi pahlawan yang begitu berpengaruh pada negara bersangkutan.

Sebenarnya itu bukan medali emas pertama Kim. Pada tahun 2002 Kim juga berhasil meraih medali emas lari 100 meter namun di lingkup yang lebih kecil yaitu di Commonwealth Games, kompetisi olahraga negara-negara persemakmuran (negara-negara bekas jajahan Inggris).

Selain itu, Kim juga mewakili negaranya di empat kali Olimpiade Musim Panas secara berturut-turut sejak tahun 1996 hingga 2008 dan menjadi atlet pertama negaranya yang lolos ke babak final di kejuaraan itu.Hingga tahun 2011 kemarin saat usianya sudah menginjak 35 tahun, yang oleh kebanyakan orang dianggap terlalu tua bagi seorang atlet, Kim masih bisa mempersembahkan medali.Tahun kemarin ia mempersembahkan dua medali perungu di World Championships untuk nomor 100 meter dan 200 meter, satu perunggu dari Central American and Caribbean (CAC) Championships estapet putra 4 x 100 meter, dan satu perak dari Pan American Games dari cabang 100 meter.

Dengan prestasi yang luar biasa tersebut pantas negara itu menempatkan Kim Collins sebagai salah satu putra terbaiknya. Hari ini Kim merayakan ulang tahunnya yang ke-36 dan tercatat menjadi salah satu atlet besar di dunia. Prestasi Kim menunjukkan, tak peduli apakah negaranya suatu negara besar atau kecil, jika seorang atlet mau bekerja keras, ia bisa jadi juara dunia.
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by Cerita Langit