Setiap karyawan dan kaum pekerja dimanapun pasti mengharapkan kenaikan jabatan atau promosi yang diberikan. Namun banyak cerita yang mengisahkan mereka terus menerus untuk jangka waktu yang lama menempati posisi itu. Robert Half International sebuah perusahaan konsultan dan karyawan di Amerika Serikat memberikan tips khusus agar anda berada dalam daftar pendek kandidat penerima promosi.
Berbicara dengan atasan
Supervisor memiliki pengaruh besar dalam menentukan kesempatan Anda untuk mendapatkan promosi. Jangan menganggap dia menyadari keinginan Anda untuk menumbuh kembangkan karier. Bicarakan dengan atasan tentang rencana jangka panjang Anda. Manajer Anda dapat mengetahui peluang yang terbuka dalam departemen, atau tempat lain di perusahaan. Atasan juga memiliki pandangan yang lebih objektif tentang kelemahan dan kekuatan Anda dengan penilaian jujur tentang langkah apa yang mungkin diperlukan untuk menempati peran baru tersebut.
Meningkatkan keahlian
Ada kemungkinan bahwa Anda kekurangan sejumlah keterampilan atau kualifikasi yang diperlukan untuk mengisi posisi yang lebih tinggi. Sebuah promosi mungkin mengharuskan Anda untuk lebih sedikit terjun langsung atau mengerjakan pekerjaan teknis, sebaliknya lebih sering mengatur orang, mengawasi proyek, membantu berbagai kelompok mencapai konsensus, atau bernegosiasi dengan vendor.
Perluas jaringan
Terhubung di tempat kerja memiliki manfaat berlipat ganda. Yang paling jelas, Anda bisa mempelajari peluang yang sebelumnya tidak disadari. Anda juga dapat bertemu dengan seseorang yang dapat memberikan wawasan ke dalam pekerjaan atau jenis posisi yang dicari. Yang terpenting, berjejaring memungkinan Anda untuk meningkatkan visibilitas dalam perusahaan, meningkatkan kemungkinan seseorang mempertimbangkan Anda bergitu sebuah posisi tersedia.
Menaksir minat
Bagian terpenting untuk mempersiapkan promosi adalah menentukan apakah Anda benar-benar menginginkannya. Kompensasi tambahan atau tunjangan yang ditawarkan dari sebuah promosi memang menggugah minat. Namun, siapkah Anda dengan tanggung jawab ekstra yang otomatis melekat?
Setelah mempelajari lebih banyak tentang posisi yang Anda inginkan, tanyakan pada diri sendiri apakah Anda sanggup memenuhi segala hal yang dituntut dari posisi itu. Bukan hanya keahlian dan kualifikasi Anda yang harus diperhitungkan, melainkan juga kehidupan di luar pekerjaan seperti keluarga.
Source : msn.careerbuilder.com