Hari Bersejarah Bagi PlayStation

Hari ini 17 tahun yang lalu menjadi lahirnya era game yang belakangan begitu banyak penggemarnya. Saat itu, 3 Desember 1994, di Tokyo diluncurkan game PlayStation oleh Sony Corporation.

PlayStation (PS) gagasan awalnya dikemukakan oleh seorang eksekutif Sony bernama Ken Kutaragi dari divisi hardware. Cikal bakalnya berasal dari ide kerjasama Nintento dan Sony untuk membuat versi CD-ROM game Super Nintento. Namun kerjasama itu berantakan setelah tak ada kesepakatan mengenai bagaimana mengatur bagi hasil di antara keduanya. Sony kemudian meminta Ken Kutaragi untuk mengembangkan PS sehingga bisa menyaingi Nintendo.

Dalam suatu rapat dewan direksi Sony di bulan Juni 1992, Kutaragi memperkenalkan game CD-ROM yang sudah ia kembangkan dengan format grafis 3D (tiga dimensi). Namun gagasan itu mendapat perlawanan dari sebagian besar peserta rapat yang hadir. Akibatnya proyek dihentikan dan Kutaragi dipindahkan dari kantor pusat ke Sony Music.

Namun berkat kedekatannya dengan CEO Sony Music, akhirnya Sony Music malah mendirikan Sony Computer Entertaintment Inc pada November 1993. Melalui perusahaan baru inilah Kutaragi mendapat dukungan untuk melanjutkan proyek PS-nya. Dan sebelum benar-benar diluncurkan sejumlah produsen game 3D mulai tertarik untuk memasok software-nya (aneka game-nya). Tanggal 3 Desember 1994 Sony PlayStation akhirnya diluncurkan di Tokyo. Itulah hari bersejarah bagi PlayStation.

PS akhirnya benar-benar menjadi game konsol yang disukai di dunia. Hingga tahun 2004 jumlah produksi PS sudah mencapai 100 juta unit sedangkan game-nya mencapai 7.300-an judul. Kini PS bahkan sudah memasuki generasi ketiga dengan penampilan gambar yang nyaris sama dengan video (manusia aslinya).
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by Cerita Langit