9 Juta Meninggal Karena Kanker

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan tahun 2015 jumlah meninggal karena kanker mencapai 9 juta jiwa. Karena itu peringatan Hari Kanker Sedunia hari ini menjadi tonggak pengingat betapa pentingnya menjaga pola hidup sehat.

WHO memang menetapkan 4 Februari sebagai Hari Kanker Sedunia. Departemen Kesehatan RI sendiri memperingati Hari Kanker Sedunia 2012 dengan mengangkat tema "Ayo aktif bergerak, bermain, dan makan makanan bergizi untuk cegah kanker".

Kanker menjadi penyebab 13% kematian di seluruh dunia atau 7,6 juta jiwa pada tahun 2008 lalu. Faktor ini terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya sehingga dalam kurun waktu 10 tahun (2005-2015) WHO memperkirakan jumlah kematian karena kanker mencapai 84 jiwa atau rata-rata 8,4 juta setahun dan tahun 2015 mencapai 9 juta jiwa. Bahkan pada tahun 2030 diperkirakan jumlahnya sudah mencapai 13,1 juta orang. Lembaga itu sendiri terus mendorong upaya pencegahannya melalui pendeteksian dini dan vaksinasi.

Keberhasilan proses penyembuhan sangat ditunjang oleh seberapa cepat penyakit ini terdeteksi dan sejauh mana kepatuhan pasien dalam menjalani proses terapi atau pengobatan. Semakin cepat kanker terdeteksi semakin tinggi tingkat keberhasilan untuk mencapai kesembuhan. Keberhasilan ini juga berbanding lurus dengan tingkat kepatuhan pasien mengikuti proses terapi.

Berdasarkan data WHO, 30% kematian karena kanker disebabkan oleh pola hidup dan pola makan tidak sehat. Lima di antaranya karena indeks massa tubuh yang tinggi (kegemukan), konsumsi buah dan sayuran yang rendah, kurangnya aktifitas fisik, merokok, serta konsumsi alkohol yang tinggi. Dari jumlah kematian yang disebabkan kanker pada tahun 2008 sebanyak 1,37 jiwa disebabkan karena kanker paru-paru, 736.000 karena kanker perut, 695.000 kanker hati, 608.000 karena kanker kolorektal (usus besar), 458.000 karena kanker payudara, dan 275.000 karena kanker rahim.

Berdasarkan penelitian, sebenarnya 30% dari kematian yang disebabkan oleh penyakit ini bisa dicegah dengan melakukan pengobatan dan perawatan yang tepat. Sedangkan untuk mencegah agar tidak terkena kanker bisa dimulai dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Oleh karena itu, dengan meminjam tema peringatan Hari Kanker Sedunia Depkes, mari aktif bergerak, bermain, dan makan makanan bergizi untuk cegah kanker.
←   →

VISIT NOW

111

Visitor

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by Cerita Langit